Sabtu, 07 Februari 2015

KM. Salaja Kampo-Maskapai penerbangan komersil Susi Air mulai beroperasi di Bima. Pesawat jenis C208B dengan kapasitas 12 penumpang tersebut melaksanakan penerbangan perdananya di Bandara Bima pada Sabtu (7/2) lalu. Pesawat dengan registrasi PK-BVE ini akan melayani penerbangan dari Bima ke sejumlah daerah di Propinsi NTT.

Rute yang akan dilayani pesawat tersebut antara lain, Bima-Labuan Bajo, Waingapu-Ruteng, dan Waingapu-Bajawa, dijadwalkan akan dilayani sekali seminggu pada hari Sabtu saja. Sementara untuk rute Kupang-Rote, Atambua-Alot, Kupang-Kisar akan dilayani dua kali seminggu. Serta rute Waingapu-Ende akan dilayani sebanyak 3 kali seminggu.

Penerbangan uji coba oleh maskapai Susi Air berlangsung lancar dan tanpa hambatan dari Waingapu menuju Bima. Pesawat milik menteri Kelautan dan Perikanan tersebut akan melayani penerbangan hingga Desember 2015 mendatang. Harga tiket pesawat sendiri akan disubsidi oleh pemerintah sekitar 50 persen dari harga normal.

“Karena pesawat ini merupakan subsidi pemerintah, sehingga biayanya sangat murah. Harga tiket Bima-Labuan Bajo hanya Rp. 200 ribu saja,” jelas Distrik Manager Susi Air wilayah Timur, Leo Sukardin saat peresmina pembukaan penerbangan, Sabtu (7/2).

Dikatakannya, pesawat tersebut merupakan milik pemerintah untuk membantu transportasi masyarakat. Khususnya, masyarakat yang ada di daerah-daerah pelosok. Untuk rute Bima-Labuan Bajo hanya memerlukan waktu lebih kurang 30 menit.

“Ini merupakan penerbangan perdana dengan 2 orang penumpang, semua berjalan dengan lancar. Walaupun hanya satu atau dua penumpang, kita tetap melayani dan tidak harus menunggu penumpang hingga penuh,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Bandara Bima, M. Auriyadin mengaku siap mengawal pelayanan dari pesawat tersebut. Dia berharap, penerbangan untuk rute Bima dan wilayah lain bisa dilaksanakan 2 sampai 3 kali seminggu. “Meski belum tersosialisasi dengan maksimal tapi sudah ada permintaan masyarakat. Tadi untuk rute Bima-Labuan Bajo sudah ada 2 orang,” katanya.

Pemerintah Kabupaten Bima melalui Camat Palibelo, Drs. Zainuddin MM mengucapkan terimakasih kepala maskapai tersebut. Menurutnya, kehadiran pesawat tersebut menambah akses masyarakat Bima dalam mendukung ekonomi masyarakat.

“Kita tetap memberikan dukungan dan mengucapkan terima kasih atas hadirnya penerbangan perintis dari Susi Air ini. Semoga kontraknya tidak saja sampai Desember, tetapi bisa diteruskan sampai tahun-tahun berikutnya,” pungkas camat. (SK.Edo)

0 komentar:

Posting Komentar