Jumat, 22 November 2013


Menjelang musin tanam padi seperti sekarang ini sudah menjadi hal yang rutin bagi para petani yang tidak memiliki stock bibit untuk “bergerilya” mencari bibit yang bakal mereka tanam. Dari hasil pantauan jenis bibit yang dicari oleh para petani untuk musin tanam tahun ini cenderung mengalami perubahan dibandingkan musim tanam tahun lalu. Dari beberapa jenis varietas yang ditawarkan kepada para petani, mereka cenderung dominan memilih varietas Ciherang, Cigeulis dan IR 64 dibandingkan dengan beberapa varietas Impari.

Setelah hal ini dikonfirmasikan ke salah satu pengecer yang tidak mau disebutkan identitasnya di dapat keterangan kenapa para petani untuk musim tanam tahun ini tidak memilih varietas Impari disebabkan karena varietas Impari yang mereka tanam untuk masa tanam yang lalu kurang bagus hasilnya bahkan tidak sedikit para petani yang merugi, sehingga untuk musim tanam sekarang banyak memilih varietas Ciherang, Cigeulis dan IR 64 untuk bibit yang akan mereka tanam. “Saya kewalahan mencari varietas Ciherang untuk saya jual karena para petani ataupun penangkar bibit untuk masa tanam sebelumnya banyak yang menanam varietas Impari dengan hasil yang tidak memuaskan sehingga saya mendatangkan varietas Ciherang, Cigeulis dan IR 64 dari Sumbawa untuk memenuhi permintaan para petani yang berada di Kec. Woha dan kecamatan-kecamatan di sekitarnya,” katanya.

“Banyak petani yang mengeluhkan sedikitnya hasil panen dari varietas Impari ini akan tetapi, ada juga petani yang hasil panennya cukup melimpah dengan menanam varietas Impari, mungkin saja hal ini dipengaruhi oleh faktor alam jadi tidak semata-mata disebabkan oleh jenis varietas tertentu, “lanjut pengecer yang sudah lima tahun menjalankan bisnis pengadaan bibit ini.(SK.OPK)

0 komentar:

Posting Komentar