Sabtu, 21 Desember 2013

Illustrasi
Dalam rangka memperingati HUT NTB ke-55 dan HUT PU (Pekerjaan Umum) ke-68, PORDASI Kabupaten Bima akan menyelenggarakan lomba pacuan kuda tradisional di Arena Pacuan Kuda Desa Panda Kecamatan Palibelo. Lomba ini rencananya akan berlangsung mulai Tanggal 22 hingga 30 Desember mendatang. 

Masykur ST, MT., salah seorang panitia penyelenggara ketika ditemui di sela-sela kesibukaannya, mengatakan, penyelenggaraan perlombaan pacuan kuda tradisional ini merupakan agenda rutin tahunan Pordasi Bima dan tahun ini dirangkai bersamaan dengan HUT NTB dan HUT PU Pordasi Bima. 

Menurut Masykur, pihaknya (Pordasi,red) bekerjasama dengan Dinas Pariwisata Bima memang kerap kali menyelenggarakan kegiatan sejenis sebagai agenda tahunan Pordasi yang biasanya diikuti oleh para peserta yang berasal dari Kabupaten dan Kota Bima, Dompu, bahkan peserta dari Sumbawa. 

“Tiap tahunnya peserta yang ikut serta bisa mencapai lebih dari 500 peserta. Untuk tahun ini sepertinya akan berkurang karena di Sumbawa juga sedang berlangsung lomba pacuan kuda. Sehingga kemungkinan tahun ini pesertanya berkurang dibanding tahun kemarin, “ ungkap Masykur. 

Disinggung tentang adanya proses pengukuran untuk penentuan kelas kuda pacuan yang banyak dikeluhkan oleh para peserta, Masykur mengakui adanya hal tersebut dan Pordasi akan mengevaluasi petugas-petugas yang terlibat dalam proses pengukuran tersebut. Selain itu Masykur menambahkan, masalah keamanan juga akan ditingkatkan sehingga tidak ada lagi lalu-lalang penonton di area lintasan pacuan seperti yang terjadi selama ini. 

Kegiatan seperti ini selain bertujuan untuk mengembangkan tradisi pacuan kuda di daerah Bima dan pariwisata Bima, juga dapat memberikan kontribusi positif untuk warga sekitar. Warga di sekitar arena pacuan kuda biasanya memanfaatkan momen pacuan kuda untuk membuka lapak yang menjajakan aneka kebutuhan para pengujung. 

Selain itu, para pemilik kebun di sekitar arena bisa meraup rupiah dengan menarik sewa kebunnya yang dijadikan sebagai tempat berteduhnya kuda dan peristirahatan bagi pemilik beserta rombongannya.(SK.opk)

0 komentar:

Posting Komentar