Minggu, 01 Desember 2013


Tidak rampungnya proyek pekerjaan pembukaan jalan baru di Dusun Lavendo Desa Rabakodo menuai kecewa warga sekitar. Pasalnya, jalan yang berarah utara selatan ini belum bisa dipergunakan sepenuhnya oleh warga, padahal pengerjaan proyek tersebut sudah diawali dua tahun lalu. Jalan baru yang melintas tepat di belakang Kantor Polsek Woha ini merupakan salah satu paket kegiatan PNPM-PISEW Tahun 2011 Desa Rabakodo yang kerjakan oleh LKD PKK dan LKD Remaja Masjid Nurul Yaqin.
“Awalnya pembukaan jalan baru ini merupakan usul dari warga Dusun Lavendo untuk menghubungkan perkampungan di sebelah selatan dengan perkampungan di sebelah utara. Dan untuk memudahkan akses kami ke jalan utama,”aku Muh. Nasir, salah seorang warga Lavendo. Nasir berharap Pemerintah Kecamatan Woha dan pihak-pihak terkait lainnya turun untuk melakukan evaluasi hasil kerja.
Menanggapi sentilan warga tersebut, Ketua LKD Remaja Masjid, Muhlis, S.Sos yang dihubungi via telepon (1/12/2013) menyangkal jika dikatakan proyek tersebut belum rampung dikerjakan seutuhnya. Pihaknya merasa tidak melakukan kekeliruan apapun, karena menurutnya LKD PKK dan LKD Remaja Masjid hanya diharuskan untuk mengerjakan sesuai apa yang tertuang dalam bestek.
“Paket pekerjaan pembukaan jalan tersebut sebenarnya sudah tuntas kami kerjakan sesuai bestek yang kami terima. Kami (remaja masjid-red) mempunyai jatah untuk mengerjakan pembukaan jalan baru tersebut mulai dari arah utara ke selatan sedangkan PKK mengerjakan mulai dari selatan ke utara”, klaim Muhlis. Lebih lanjut Muhlis menyatakan jika ada kekeliruan, maka kekeliruan tersebut ada di pihak konsultan PNPM-PISEW.
Dari hasil pantuan langsung di lapangan, hasil dari kegiatan
pembukaan jalan baru tersebut memang terlihat rancu karena terdapat dua ujung jalan yang dibatasi oleh satu petak sawah. Berdasarkan rencana awal semestinya ujung jalan yang di sebelah selatan dan di sebelah utara harusnya menjadi satu badan jalan utuh tanpa di batasi apapun.

Dalam waktu dekat Muhlis berjanji akan melakukan pembicaraan yang serius dengan Pihak Pemerintah Desa dan Kecamatan terkait alokasi anggaran untuk menyelesaikan proyek pembukaan jalan baru tersebut. Baik yang bersumber dari PNPM PISEW maupun dari sumber anggaran lainnya. (SK.OPK)

0 komentar:

Posting Komentar