Rabu, 13 Agustus 2014

Ilustrasi
KM. Salaja Kampo-Tumpukan sampah di Jalan Raya Doro Belo Kecamatan Palibelo, tepatnya di depan rumah makan BBA tidak pernah terselesaikan. Belum diketahui pasti pihak mana yang membuang sampah di jalan raya jalur atas ini. 
 
Masyarakat dan pengguna jalan pun mulai risih dengan kondisi pinggiran jalan yang ditumpuki sampah dengan bau menyengat. Pasalnya keberadaan sampah organik dan non organik di sepanjang jalan tersebut sudah berlangsung lama. Namun tidak pernah mendapat perhatian khusus dari pemerintah.
 
Pengendara yang setiap hari melewati jalan tersbut mau tidak mau harus merasakan bau yang sangat anyir. Tidak itu saja, sampah yang sebagian besar adalah sampah rumah tangga ini membuat jalanan tampak kumuh. Padahal aktivitas lalulintas di jalan cepat menuju bandara ini cukup ramai. 
 
“Memang tidak ada tempat pembuangan sampah, tak heran jika warga membuang sampah disini,” ujar Mualimin, seorang pengendara sepeda motor, Rabu (13/08/14).
 
Dia meminta kepada instansi terkait agar segera mencarikan lahan untuk dijadikan tempat sampah. Hal ini dikarenakan, jalur tersebut acap kali menjadi jalur utama yang menghubungkan Bima dan Kota Bima. 
 
“Jika kondisinya dibiarkan begini terus, dikhawatirkan jalan ini tidak akan digunakan lagi. Apalagi jika ada tamu luar kota yang datang ke Bima dan melihat kondisi jalan yang begini, tentu sebagai masyarakat, kami akan malu,” katanya.
 
Terkait hal itu, Camat Palibelo, Drs Zainuddin MM mengatakan, sampai saat ini pihaknya masih berusaha mencarikan solusi. Meski begitu, pihaknya pun sudah mengupayakan agar warga dan pemilik rumah makan setempat tidak membuang sampah di jalan tersebut.
 
“Sudah kita upayakan pencegahan agar warga tidak membuang sampah di tempat itu. Dengan adanya laporan ini, kami akan mencoba membahasnya lagi,” pungkasnya.(SK.edo)

0 komentar:

Posting Komentar