Jumat, 22 Agustus 2014

Lomba Rimpu Mpida
KM.Salaja Kampo-Para pegawai di sejumlah instansi di Kecamatan Monta mengikuti lomba rimpu mpida. Lomba yang didominasi oleh ibu-ibu ini, sengaja dilakukan untuk menyemarakkan hari kemerdekaan RI ke 69. Kegiatan tersebut berlangsung di aula Kantor Camat Monta, dimulai sejak Kamis, (20/8) lalu hingga Sabtu (22/8).

Selain lomba rimpu mpida, beberapa lomba lain juga diadakan oleh pihak kecamatan. Seperti tarik tambang, lari karung, tusuk jarum, dan lari bawa kelereng. Sejumlah lomba tersebut diikuti oleh para PNS dan istri PNS, beserta perangkat pemerintahan lingkup kecamatan setempat.

Pantauan Salaja Kampo, lomba tersebut cukup menarik perhatiam warga sekitar. Terutama saat para peserta melakukan lomba lari bawa kelereng dan adu cepat memasukan benang dalam jarum. Untuk hari terakhir ini, panitia menjadwalkan akan menggelar lomba lari karung dan tarik tambang.

Rencananya, kegiatan tersebut akan dilangsungkan di depan halaman kantor camat setempat. Untuk juaranya, panitia pelaksana akan mengumumkan saat acara resepsi tujuhbelasan pada Minggu, (23/8) besok.

Camat Monta, Drs. Ruslan H. Musa mengatakan, kegiatan tersebut guna menyemarakkan HUT RI yang baru saja diperingati. Selain itu, rangkaian kegiatan tersebut merupakan kerjasama pemerintah kecamatan dan karang taruna setempat.

"Ini masih dalam suasan kemerdekaan. Untuk mengenang detik-detik proklamasi kami berupaya menyemarakannya dengan kegiatan-kegiatan tradisional," katanya.

Menurut dia, lomba rimpu mpida merupakan bentuk pelestarian budaya Bima yang kini semakin dilupakan. Apalagi, kata dia, dalam waktu dekat pemerintah Kabupaten Bima akan menggelar festival keraton.

"Demi tetap terjaganya nilai-nilai budaya di Bima, kita mengupayakan untuk mengembalikan ciri khas masyarakat Bima seperti rimpu mpida. Tujuannya, agar memperkenalkan, menjaga dan terus mempertahankan pakaian tradisional masyarakat agar tidak dimakan jaman," tutur camat. (SK.Edo)


0 komentar:

Posting Komentar