Rabu, 11 Juni 2014

Ilutrasi
KM. Salaja Kampo-Menjelang pemilu presiden 2014, Panwaslu Kabupaten Bima terus mempersiapkan anggotanya dalam mengawasi jalannya pemilu. Demi meningkatkan etos kerja dan pengetahuan, sejumlah panwas diberi bimbingan tekhnis (Bintek).
 
Bintek yang berlangsung Rabu (11/6), dihadiri langsung oleh Ketua Divisi Hukum Bawaslu NTB Bambang SPdi. Dia mengungkapkan, tugas panwaslu bukan hanya mengeluarkan rekomendasi. Namun, mengutamakan upaya pencegahan terhadap pelanggaran yang dilakukan penyelenggara lain maupun peserta.

Kata dia, langkah utama yang harus dilakukan adalah pengecekan dan pemantauan. Hal itu akan lebih awal mencegah terjadinya pelanggaran pemilu. “Kalau pencegahan itu tidak bisa dilakukan, maka kita keluarkan rekomenadasinya,” ujar Bambang.
 
Dijelaskan, pencegahan pelanggaran merupakan tugas utama Panwaslu sebelum proses recomendasi dikeluarkan. Menurutnya, jika hal itu diutamakan, dipastikan tidak aka nada pelanggaran yang bisa dilakukan. 
 
“Sepanjang kita melakukan pengontrolan terhadap penyelenggara maupun peserta itu sendiri, kita yakin tidak akan ada pelanggaran itu,” paparnya.
 
Dia menegaskan kepada anggota panwaslu untuk tidak melakukan pelanggaran. Apalagi bermain dengan para penyelenggara pemilu maupun pihak-pihak tertentu yang ada hubungannya dengan Pilpres.
 
“Kalau panwasnya melanggar siapa yang akan mengawasi jalan pemilu ini. Mari kita sukseskan bersama pemilu ini, tanpa adanya pelanggaran,” tegasnya.
 
Menurut Bambang, jika pengawasan dan pencegahan sudah dilakukan, dia optimis pemilu akan berjalan sehat, jujur dan adil. Bahkan, peluang untuk melakukan kecurangan oleh oknum-oknum tertentu bisa diminimalisir dengan sikap pencegahan tersebut.
 
“Jika semua panwas bisa bekerja serius, kita semua percaya tidak akan ada kecurangan yang bisa dilakukan,” paparnya.
 
Dia juga meminta agar seluruh panwas lebih serius lagi dalam menjalankan kewajibannya. Bambang berpesan, agar panwas tidak terlibat dalam permainan politik seperti suap-menyuap. (SK.Edo)
 

0 komentar:

Posting Komentar