Kamis, 05 Juni 2014


Ilustrasi
KM. Salaja Kampo-Sebanyak 300 pasien penderita katarak di Kabupaten dan Kota Bima mendapat operasi gratis.  Operasi tersebut sebagai upaya pengurangan angka penderita katarak di Kabupaten dan Kota Bima.
 
Selain operasi katarak, pihak dokter pun melakukan operasi Hernia dan pasien bibir sumbing. Pelaksanaan operasi ini dilakukan di RSUD Kabupaten Bima, yang merupakan hasil kerja sama Pemda dan Persatuan Dokter.
 
“Pelaksanaan operasi di RSUD Kabupaten Bima kami targetkan dapat mengoperasi 300 mata,” kata dr Adiwinarko selaku penanggungjawab operasi, (Kamis,5/6).
 
Dijelaskan, program tersebut merupakan bentuk kepedulian pemerintah kepada pemnderita katarak, bibir sumbing dan penderita hernia. “Kami sudah melakukan screening kepada sejumlah pasien untuk dioperasi,” ungkapnya.
 
Dari hasil pemeriksaan tersebut, pihaknya menyadaptkan 75 persen pasien dinyatakan katarak. Sejumlah pasien tersebut dianggap matang dan bisa dilakukan operasi. “Untuk operasinya, hanya memerlukan waktu 15 sampai 20 menit per satu orang pasien,” paparnya.
 
Operasi tersebut bisa mengembalikan penglihatan para penderita katarak. “Setelah dioperasi nanti penglihatannya akan menjadi lebih tajam dibanding se belumnya karena tertutup katarak,” jelasnya. 
 
Meski yang bisa ditampung oleh tim dokter hanya 300 pasien, namun sejumlah penderita katarak membanjiri operasi tersebut hingga 900 lebih orang. Mengantisipasi membludaknya pasien, pihak dokter terpaksa memulangkan sebagian pasien.
 
“Pasiennya banyak sekali yang mendaftar, tapi kami hanya melayani 300 pasien saja. Tapi nanti akan kita tambah sekitar 50 pasien lagi. Jumlah itu diambil dari beberapa penderita mata yang tidak dinyatakan katarak,” terangnya.
 
Untuk pasien yang sudah terlanjur mendaftar, pihaknya akan berkoordinasi dengan pemerintah setempat. Para dokter ini berencana akan melakukan operasi lanjutan bagi sejumlah pasien yang terdaftar. 
 
“Belum tentu pasien yang mendaftar itu semuanya katarak, untuk itu kita akan screening lebih dulu,” pungkasnya.(SK.Edo)

0 komentar:

Posting Komentar