Selasa, 21 Oktober 2014

Rumah Milik Sofiati Ludes Terbakar
KM. Salaja Kampo-Sedikitnya dua unit rumah panggung milik warga di Desa Runggu Kecamatan Belo, ludes terbakar, Selasa (21/10) sekitar pukul 11.15 Wita. Rumah milik, Nurdin, 32 tahun dan Sofiati, 27 tahun tersebut nyaris tidak tersisa. Seluruh isi rumah tidak ada yang bisa diselamatkan dari amukan si jago merah.

Diduga, kebakaran terjadi akibat hubungan arus pendek listrik. Seluruh isi rumah yang mudah terbakar, membuat api semakin cepat merambat. Titik api berawal di rumah Sofiati dan merembet ke rumah Nurdin. Saat kejadian, para pemilik rumah sedang tidak berada di tempat. 

Kebakaran baru diketahui setelah api melahap separuh rumah Sofiati. Warga yang kaget, mencoba memadamkan api dengan semprotan air bor. Tidak ada upaya warga untuk mengevakuasi barang-barang berharga di rumah Sofiati. Pasalnya, seluruh bagian rumah sudah dipenuhi api.

Warga hanya bisa mengevakuasi barang-barang yang berada di rumah Nurdin, sambil memadamkan api. Tidak ada pemadam kebakaran yang turun ke lokasi. Api dipadamkan oleh warga setempat menggunakan air bor. Dan api baru bisa dipadamkan 1 jam kemudian.

Pemilik rumah, Sofiati tak kuasa menahan pilu melihat seluruh rumah dan isinya ludes terbakar. Beberapa kali dia pingsan karena syok dengan musibah yang dialami. Dia syok melihat barang berhaga miliknya ludes dilahap si jago merah. Dia sempat nekat masuk menyelamatkan sisa harta benda miliknya, namun berhasil dicegah warga. Sofiati kemudian dipindahkan ke tempat yang lebih nyaman oleh beberapa warga. 

Menurut pengakuan beberapa warga di lokasi, kejadian tersebut berlangsung cepat. Tidak ada yang mengetahui persis penyebab kebakaran tersebut. Warga hanya tahu api mulai berkobar di bagian dapur rumah. 

“Saya tidak tahu pasti kejadiannya, yang saya tahu ketika api sudah berkobar dan mendengar jeritan dari tetangga sebelah rumah korban. Saya kaget dan berlari menuju titik kebakaran, saat kebakaran pemiliknya tidak ada dirumah karena ke sawah,” kata Ahmad wara setempat.

Kerugian akibat kebakaran tersebut ditaksir mencapai puluhan juta rupiah. Pasalnya, seluruh isi rumah dan hasil panen yang disimpan, tidak ada yang diselamatkan. Begitu juga dengan perabotan rumah milik Nurdin yang merupakan tetangga sekaligus kakak kandung Sofiati. (SK.Edo)

0 komentar:

Posting Komentar