Rabu, 08 Oktober 2014


Ilustrasi
KM. Salaja Kampo-Maraknya kasus pencurian di Desa Donggobolo Kecamatan Woha membuat warga lebih meningkatkan kewaspadaan. Mengantisipasi hal itu, warga mulai melakukan kegiatan ronda malam. 
 
Saat ini, di Dusun Pali, Kananga, Sigi dan Cempaka warga sudah membangun pos kamling. Untuk pejagaannya, warga melakukan kegiatan ronda secara bergiliran setiap RT masing-masing empat orang.
 
Kepala Desa Donggobolo, Tolhab H. Abdul Khaer menuturkan, peningkatan keamanan tersebut mulai dilakukan awal bulan ini. Kata dia, sejumlah kasus pencurian di desa tersebut sudah mulai meresahkan. Terutama pencurian kendaraan bermotor dan ternak.
 
“Berdasarkan laporan Kadus Pali dan Cempaka, para pencuri banyak berkeliaran di desa tersebut. Sejumlah kasus pencurian dalam sebulan terakhir mengindikasikan semakin banyaknya pencuri yang masuk,” ungkap kades.
 
Menurutnya, sepekan sebulum lebaran, sejumlah ternak milik warga banyak yang dilaporkan hilang. Pada malam takbiran, lanjutnya, ternak milik warga di dusun Pali nyaris dicuri, jika tidak cepat dipergoki. 
 
Bahkan, kehilangan sering kali terjadi baik di desa setempat maupun di desa sekitar. Selama sepekan itu, warga berhasil menangkap pelaku pencurian menggunakan kendaraan bermotor. Diceritakan, saat itu, warga mendapati pelaku dengan motor Mio warna hijau. Di dalam jok motor, warga menemukan tali nilon dan bawang putih. Serta dua buah senjata tajam milik pelaku yang diduga sebagai alat untuk mencuri. 
 
Usai mengamankan pelaku, warga langsung menghubungi pihak kepolisian untuk menghindari amukan massa. “Kondisi ini yang membuat kami memunculkan lagi ronda malam, supaya mempersempit gerak para pencuri,” ujarnya.
 
Dijelaskan kades, hasil musyawarah bersama kepala dusun, warga akan meronda hingga pukul 05.00 dini hari. Dari empat orang, dibagi masing-masing dua orang untuk berjaga setelah isya sampai jam 00.00 Wita. Dan dua orang lagi dari jam 00.00 Wita sampai jam 5 subuh.
 
“Malam Rabu (kemarin malam, red) merupakan hari pertama ronda. Untuk tengah malam, saya bersama kepala dusun dan RT juga akan melakukan kontrol keliling di tiap-tiap pos jaga,” terangnya. (SK.Opk)

0 komentar:

Posting Komentar