Rabu, 08 Januari 2014


Drs. Zainuddin, Camat Palibelo
Pemerintah Kabupaten Bima melalui Camat Palibelo menyerahkan paket bantuan kepada warga korban banjir di Desa Belo. Pemberian bantuan tersebut diserahkan langsung oleh Camat Palibelo Drs. Zainuddin MM kepada Kepala Desa Belo, Selasa (7/1) kemarin. Penyerahan bantuan itu disaksikan langsung oleh puluhan warga korban banjir yang berkumpul di kantor desa setempat.

Usai menerima bantuan dari Pemerintah Kecamatan, Pemerintah Desa langsung membagikannya kepada para korban. Meski bantuan relative tidak banyak, namun bisa dipastikan bantuan tersebut dapat mengurangi beban para korban. Zainuddin membeberkan, paket bantuan terdiri dari beras, mie instan, minyak goreng, dan gula. Meski bantuan tersebut bernilai kecil, tetap diharapkan dapat membantu mengurangi beban para korban.

“Ini baru bantuan sementara dari Pemda. Tidak menutup kemungkinan pemerintah akan menurunkan lagi bantuan kepada para korban,” Katanya.

Dijelaskannya, selain warga di Desa Belo, Pemerintah juga sudah menyiapkan bantuan sejenis untuk korban di Desa lain di Palibelo. Disamping itu, pihaknya juga tengah mengupayakan bantuan dana bagi para petani tambak. Yang menurut Zainuddin, petani tambak merupakan korban yang paling dirugikan oleh banjir secara finansial. “Saat ini kami sudah mendata jumlah korban banjir, terutama para petani tambak,” jelasnya.

Tanpa menafikan petani lain, Zainuddin juga memperkirakan areal persawahan di Desa Roi, Dore dan Desa Nata terendam banjir hingga 80 persen. Sehingga membuat pihaknya memberikan bantuan secara bertahap kepada para korban. “Untuk sementara bantuannya kami bagi rata dulu kepada para korban. Insyaallah bantuan akan kembali diberikan,” janjinya.

Sementara itu, Kades Belo, A Latif kepada Salaja Kampo mengungkapkan rasa syukurnya. Diakuinya, desa yang ia pimpin merupakan desa pertama penerima bantuan pasca banjir. Menurutnya, langkah cepat pemerintah membantu para korban dapat memberikan dukungan moril kepada para korban. Ia berharap bantuan susulan sebagaimana dijelaskan Camat Palibelo akan segera direalisasikan.

“Semoga masih ada bantuan bagi para korban. Karena hampir 70 persen warga disini menjadi korban banjir bandang beberapa waktu lalu. Data kerugian yang kami catat mencapai ratusan juta rupiah,” pungkasnya.(SK.Edo)

0 komentar:

Posting Komentar