Rabu, 22 Januari 2014

Drs. A. Zubair HAR, M.Si., Kadis Dikpora Kab. Bima
KM. Salaja Kampo—Kepala Dinas Dikpora Kabupaten Bima Drs. A. Zubair HAR. M.Si menegaskan sejumlah sekolah mendapatkan bantuan Bea Siswa Miskin (BSM). Hal itu diungkapkan menyusul salah satu sekolah dasar di Kecamatan Belo yang mengaku tidak mendapat BSM. Bantuan pusat melalui APBN-P tersebut dipastikan 100 persen sekolah SD hingga SMA mendapatkannya.
 
Dijelaskan, bantuan itu diperuntukan bagi sekolah yang memiliki siswa miskin. “Semua sekolah mendapat bantuan itu. Terkecuali semua siswa di sekolah itu tidak ada yang miskin, bisa saja tidak mendapatkan bantuan. Tapi mayoritas siswa di Kabupaten Bima tergolong miskin. Sehingga kami pastikan semuanya dapat,” tegas Zubair, kemarin.
 
Dikatakannya, sekolah yang tidak mendapatkan bantuan itu disebabkan karena kepala sekolah yang malas. Karena yang mengusulkan nama-nama siswa itu adalah pihak sekolah setempat. “Kami sudah membagikan form untuk pengusulan nama siswa penerima BSM kepada seluruh sekolah. Sekarang tergantung kepala sekolahnya saja,” ujarnya. 
 
Bagi sekolah yang belum menerima bantuan itu, Zubair menyarankan agar segera berkoordinasi dengan dinas. Dalam mengambil kebijakan, kepala sekolah diharapkan bisa mengikuti aturan yang ada. “Kebijakan itu harus sesuai prosedur dan mengikuti aturan main. Jangan mengambil kebijakan sendiri yang salah,” imbuhnya.
 
Selain itu, kepala sekolah juga diminta untuk mengusulkan siswa penerima BSM sesuai dengan ekonomi siswa. “Bagi siswa calon penerima BSM, harus menyertakan kartu BLSM sebagai bukti bahwa siswa itu memang miskin,” katanya.
 
Lebih lanjut Kadis menegaskan, agar pihak sekolah tidak mengusulkan semua siswa sebagai penerima BSM. Hal itu dikhawatirkan akan menimbulkan persoalan baru. “Kalau diusulkan semua, kami khawatir beberapa siswa anak PNS akan menerima bantuan itu. Padahal itu sudah salah sasaran. Untuk itu, sekolah hanya mengusulkan nama siswa yang memiliki katru BLSM saja. Guna mencegah adanya persoalan yang muncul di masyarakat,” imbuhnya. (Sk.Edo)

0 komentar:

Posting Komentar