Sabtu, 04 Januari 2014

Illustrasi
Akibat tidak maksimalnya saluran drainase Terminal Tente, menyebabkan badan jalan sepanjang puluhan meter yang melintas tepat di depan terminal menjadi rata tergenang air. Genangan air tersebut membuat arus lalu lintas yang biasanya ramai di tempat tersebut menjadi macet hebat. Karena ketika kendaraan melintasi genangan tersebut pengendara akan memperlambat laju kendaraannya. 

Tidak hanya itu, dengan adanya genangan ini membuat para pemilik toko merasa khawatir jika sewaktu-waktu genangan air tersebut masuk ke dalam toko mereka dan merusak dagangannya. Khaerunas, salah satu pemilik toko Kepada Salaja Kampo mengatakan, genangan ini diakibatkan oleh adanya saluran air yang ada persis di depan terminal sudah dipenuhi oleh sampah. Sehingga tidak ada lagi ruang untuk dapat dilewati oleh air. 

 “ Saya membuat semacam talud dengan tinggi kurang 30 cm di depan toko ini untuk mengantisipasi jika curah hujan tinggi dan air akan masuk ke dalam toko,” aku khaerunas. Ia menambahkan bahwa setiap harinya dia menyewa orang untuk membersihkan sampah yang ada di depan tokonya agar sampah tersebut tidak tertumpuk di dalam saluran air yang ada di depan tokonya. 

Berdasarkan pengalaman selama ini, genangan air seperti ini memang baru terjadi tahun ini, hal ini mungkin saja memang disebabkan oleh sampah yang ada di saluran air sudah over load. Diperparah pula oleh posisi terminal yang sekarang sudah tinggi dari badan jalan. 

Sehingga air yang selama ini biasanya menggenangi terminal tertahan dan menggenangi badan jalan. Warga dan pengguna jalan yang ditemui di lokasi mengharapkan kepada pemerintah untuk dapat mengatasi genangan air tersebut sehingga akses jalan lancar sperti sedia kala. 

Hujan identik dengan keberkahan yang dianugerahi Tuhan kepada hamba-Nya di bumi. Permasalahan yang diakibatkan oleh adanya hujan adalah wujud dari ketidakmampuan manusia dalam mengelola alam ini. Inilah “benang merah” harus segera kita sikapi bersama baik itu dari pemerintah maupun masyarakat. Seperti halnya genangan air yang ada di Terminal Tente ini terjadinya semata-mata karena ulah manusia itu sendiri. Semoga kita dapat belajar dari ini semua. (SK.Opk)

0 komentar:

Posting Komentar