Selasa, 18 Maret 2014

Ilustrasi
KM. Salaja Kampo—Menjelang ujian nasional (UN), sejumlah siswa peserta ujian di SMA Negeri 2 Woha disiapkan. Upaya sekolah meningkatkan angka kelulusan, yakni menggenjot mata pelajaran regular dan memberi pembinaan mental siswa. 
 
Kepala SMAN 2 Woha, Drs. Mansyur M.Pd mengatakan, dalam pelaksanaan UN nanti, siswa diharapkan bisa menguasai materi. Hal itu tentu tidak mudah tanpa dibekali mental yang kuat dari siswa. “Percuma saja mereka menguasai soal, kalau mentalnya kurang,” ujarnya, Selasa (18/3).
 
Menurut dia, siswa yang tidak memiliki mental bagus akan berimbas pada hasil pekerjaan. Untuk itu penanaman mental siswa sangat penting dalam mengikuti UN. “Tujuannya, agar siswa tidak grogi saat mengisi jawaban,” paparnya.
 
Diakui, sejak awal pihaknya sudah menginstruksikan kepada semua guru agar mempersiapkan mental siswanya. Penegasan itu sudah disampaikan agar guru bisa evektif dalam mendidik siswa. “Kita ingin melatih mental siswa ini, agar mereka percaya diri,” terang kasek.
 
Dikatakannya, selain persiapan mental, sejumlah siswa juga sudah melaksanakan kegiatan bedah soal. Kegiatan itu sudah dilakukan sejak bulan Oktober lalu oleh tim pembimbing berdasarkan SKL.  “Mungkin kita yang lebih dulu mempersiapkan siswa untuk mengikuti UN,” akunya.
 
Sementara hasil uji coba beberapa waktu lalu, diakui, siswa sudah ada peningkatan. Sebanyak tiga kali mengikuti try out, penguasaan materi siswa sudah maksimal. Disamping itu, nilai keterampilan siswa pun semakin baik.
 
“Keterampilan ini sangat menentukan hasil UN siswa. Walaupun pekerjaannya benar semua, tapi belum tentu hasil LJKnya bagus,” tandas kasek.
 
Terkait strategi yang digunakan dalam ujian nanti, Mansyur tetap mengharapkan peran aktif tenaga pengajar. Selain itu, juga diharapkan adanya partisipasi dari orang tua siswa. “Semoga orang tua siswa bisa mengontrol anaknya, agar para siswa bisa lulus semua seperti tahun lalu,” imbuhnya.(SK.OPK)

0 komentar:

Posting Komentar