Senin, 03 Maret 2014

Tim Relawan Demokrasi (Relasi)
KM. Salaja Kampo—Sejumlah tim Relawan Demokrasi (relasi) KPU Kabupaten Bima menggelar rapat kegiatan di Desa Panda Kecamatan Palibelo, Senin (3/2). Rapat tersebut dalam rangka menyusun upaya strategis untuk menyukseskan pemilu April mendatang. 
Tim relawan yang terdiri dari 5 segmen ini merupakan mitra KPU dalam mensosialisasikan pemilihan umum. Tujuannya, agar partisipasi pemilih meningkat pada pemilu tahun ini.
Koordinator relasi, Edo Rusyadin SH mengatakan, kegiatan ini sengaja dilakukan secara swadaya oleh anggota relasi. Itu diharapkan, agar seluruh segmen mampu mengaplikasikan peranannya masing-masing. “Sesuai tugas, relawan akan bertugas mengajak masyarakat untuk ikut berpartisipasi menggunakan hak pilih pada Pemilu 2014,” ujarnya.
Menurut dia, peranan relasi dalam mengajak masyarakat untuk memberi hak pilih sangat besar. Relawan beranggotakan sebanyak 25 orang itu, mengaku siap menyukseskan pemilu April mendatang. “Melihat kekompakan teman-teman relasi dan koordinasi yang baik, membuat kami yakin mampu menyukseskan pemilu mendatang. Terutama, meningkatkan jumlah pemilih,” yakinnya.
Dijelaskan, selain melakukan sosialisasi tentang pemilih, pihaknya juga akan memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang kualitas pemilih. “Kita sudah dibagi kelompok masing-masing, dan akan siap beraksi di lapangan,” tandas pria yang akrab disapa Edo ini.
Kata dia, pembentukkan relawan merupakan upaya KPU dalam menggenjot partisipasi pemilih dalam menyalurkan hak pilihnya. Selain itu, melalui relawan, masyarakat diharapkan memahami tentang pentingnya pemilu. “Dengan meningkatnya kesadaran masyarakat, kepedulian dan partisipasi dalam pemilu juga akan meninggkat,” pungkasnya. 
Sementara itu, wakil koordinator relasi, Ilham menambahkan, relawan harus netral dan independen. Menjadi relasi tidak boleh terikat dengan partai politik. “Sehingga kami bebas melakukan sosialisasi dengan tidak berpihak pada salah satu partai politik dalam menjalankan tugasnya,” tutupnya. (SK. Opk)

0 komentar:

Posting Komentar