Senin, 10 Maret 2014

Ketua KPUD Bima Saat Menyampaikan Materi Bintek
KM. Salaja Kampo—KPU Kabupaten Bima terus mendongkrak kemampuan tim Relawan Demokrasi (Relasi). Itu dilakukan agar peranan relasi benar-benar maksimal pada pemilu yang kurang dari sebulan ini. Salah satu upaya yang dilakukan antara lain, memberikan bimbingan teknis (bintek) secara berkelanjutan. 
 
Belum lama ini, tim relasi juga dikirim ke provinsi untuk mengikuti kegiatan yang sama. Hingga Senin (10/3), sejumlah relasi kembali diberikan pemahaman seputar pemilu. Bintek yang dilaksanakan di Hotel Mutmainah ini sebagai tindak lanjut bintek provinsi.
 
Sebanyak 25 anggota relasi diberi tugas baru untuk terus mengkampanyekan pemilu cerdas. Pada kesempatan itu, mereka dibagi tugas masing-masing per segmen. Diantaranya menggelar sosialisasi di tingkat kecamatan.
 
Ketua KPU Kabupaten Bima Siti Nur Susilawati SIP mengatakan, kegiatan itu diharapkan agar relasi memahami tupoksinya. Terutama mengajak masyarakat untuk mengkampanyekan untuk mencoblos pada pemilu mendatang. “Meningkatnya jumlah pemilih tergantung relasi, karena mereka yang terjun langsung,” ujarnya.
 
Bintek yang berlangsung satu hari itu, relasi diajak untuk berdiskusi. Selain itu, mereka juga diminta untuk melaporkan kendala yang dihadapi. Terlebih lagi saat relasi mensosialisasikan pemilu ke masyarakat. “Informasi dari relasi akan kita tindaklanjut, biar tahu kendalanya seperti apa,” kata perempuan kelahiran Bolo ini.
 
Susila menegaskan agar tim relasi bersikap profesional untuk mengoptimalkan pesta demokrasi. Disamping itu, relasi tidak bisa perpihak pada salah satu parpol. Apalagi diintimidasi oleh pihak tertentu. “Independensi relasi tetap harus dijaga,” pesannya.
 
Menurut ketua KPU dua periode ini, relasi hanya fokus meningkatkan partisipasi masyarakat. Juga menekan angka Golput serta mensosialisasikan pemilih cerdas. Kata dia, salah satu bukti Pemilu yang sukses adalah tingginya minat dan partisipasi masyarakat. “Partisipasi pemilih naik, sudah pasti pemilu akan sukses,” pungkasnya.(SK. Edo)

0 komentar:

Posting Komentar