Selasa, 04 Februari 2014

dr. Wahyuni
KM. Salaja KampoRuang inap (opname) di Puskesmas (PKM) Monta selama bulan Januari didominasi oleh pasien diare. Berdasarkan data yang berhasil dihimpun di Puskesmas  tersebut, penderita diare dalam kurun waktu sebulan terakhir mencapai 41 kasus. Selain, anak-anak dan balita, diare juga menyerang orang dewasa.
Kepala Puskesmas Monta dr. Wahyuni mengatakan, banyaknya penderita diare itu dikarenakan faktor pergantian musim serta pola hidup masyarakat yang kurang sehat. “Memang dalam sebulan ini, untuk pasien rawat inap paling banyak adalah penderita diare. Untuk bulan ini akan kita ditekan lagi,” terangnya kepada Wartawan, Selasa (4/2).
Selain diare, kasus hipertensi (tekanan darah tinggi) juga dijumpai di PKM tersebut. Konsumsi makanan yang berlebihan, menjadi salah satu faktor meningkatnya grafik penderita penyakit tersebut. “Kunjungan pasien akhir-akhir sebanyak 169 orang. Ini didominasi gangguan pencernaan seperti diare kemudian disusul dengan hipertensi,” sebutnya.
Menurutnya, penyebab dari kedua penyakit tersebut rata-rata disebabkan karena pola makanan yang berlemak. Sehingga memicu terjadinya kedua penyakit itu. Lebih lanjut dia mengungkapkan, jika penyakit tersebut terindikasi parah maka disarankan untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut. “Alhamdulillah beberapa pasien untuk sementara ini tidak ada yang parah,” ucap Wahyuni bersyukur.
Dia menyarankan, jika seseorang sudah jelas-jelas memiliki riwayat penyakit tersebut, setidak-tidaknya pola makan harus terkontrol. Selain itu makanan yang berpantangan dengan tubuh sebaiknya lebih diperhatikan. “Ini memang agak sulit dihindari tapi demi kesehatan, ya sebaiknya dibatasilah,” sarannya.
Menurut dia, gangguan pencernaan dan pernapasan berkisar 5 pasien per hari yang dirawat di puskesmas ini. Itu disebabkan karena kesadaran masyarakat untuk berobat ke puskesmas sudah semakin meningkat. “Dulu biasanya masyarakat berobat ke dukun, tapi sekaran mereka lebih sadar untuk menggunakan jasa puskesmas dan rumah sakit,” kata Wahyuni yang didampingi petugas diare Najmi S Kep.(SK.Edo)

0 komentar:

Posting Komentar