Rabu, 05 Februari 2014

M. Amin, Kabid Pelayanan Bantuan Sosial 
KM. Salaja Kampo—Pemerintah Kabupaten Bima melalui Dinas Sosial akan mengajukan bantuan Kelompok Usaha Bersama (KUBE) kepada 4 kecamatan ke pemerintah pusat. Keempat kecamatan yang diusulkan untuk mendapatkan bantuan itu antara lain, Kecamatan Monta, Belo, Palibelo dan Woha. Hal ini diungkapkan Kabid Pelayanan Bantuan Sosial Dinsos Kabupaten Bima M. Amin, pada Rabu (5/2). 
Saat ini pihaknya sudah mengajuakan sebanyak 71 kelompok untuk penerima bantuan ke pemerintah pusat melalui APBN. Sejumlah kelompok merupakan warga berekonomi lemah dengan harapan dapat mengentaskan kemiskinan. “Sejumlah kelompok itu kami ambil dari data BPS tahun 2011. Sudah kita upayakan, semoga saja bisa tembus,” ujarnya.
Kata dia, upaya untuk pengentasan kemiskinan akan terus diperjuangkan. Agar masyarakat yang termasuk dalam KUBE dapat memanfaatkan bantuan yang ada. Sehingga dapat membentuk usaha yang bermanfaat.  “Sudah kita kirim proposalnya ke pemerintah pusat. Kalau sudah lolos insyaallah tahun ini bisa direalisasikan,” jelasnya.
Sementara itu, untuk jumlah bantuan Amin mengaku tidak mendapatkan kenaikan nominal melainkan tetap pada bantuan sebelumnya. “Belum ada kenaikan, masih sekitar Rp 20 juta per kelompok. Untuk mendapatkan bantuan itu kita berharap agar dipermudah sehingga bantuanpun dapat dimanfaatkan oleh kelompok dan dapat berkembang seperti yang kita inginkan,” tandasnya. 
Dijelaskan, pengajuan Kube tersebut merupakan tanggungjawab Dinsos, dan wajib diajukan setiap tahun. Untuk Kabupaten Bima, kata dia, ada penambahan jumlah kelompok yang terdaftar. “Nanti pihak kementerian yang akan menerima berapa usulan yang diterima dari jumlah kelompok yang diajukan itu,” pungkasnya. (SK.Edo)

0 komentar:

Posting Komentar