Rabu, 12 Februari 2014

Ilustrasi
KM. Salaja Kampo—Sebanyak 39 siswa sekolah dasar SDIT Insan Tamil Kota Bima, mengikuti praktik mata pelajaran since. Kali ini, sejumlah siswa dikenalkan dengan alat transportasi laut, udara darat, dan pengenalan tentang ilmu cuaca di BMKG Bima. Praktik itu bertujuan agar para siswa mengenal benda-benda yang berkaitan langsung dengan ilmu since.
Guru pembimbing, Erni Zuhaerah SP mengatakan, praktik itu untuk mendukung teori mata pelajaran since yang telah diberikan di sekolah. “Kegiatan ini hanya studi kunjungan. Terutama untuk mengenalkan ke siswa tentang benda-benda tekhnologi, sesuai dengan pelajaran yang sudah kami berikan di sekolah,” ujarn Erni, saat ditemui di kantor BMKG Bima, Rabu (12/2).
Menurut dia, kegiatan itu diyakini akan lebih memberikan pengetahuan yang lebih banyak kepada para siswa. Pasalnya, selama ini pihaknya hanya memberikan teori kepada siswa terkait benda-benda teknologi. Siswa juga belum menyentuh langsung cara kerja benda-benda tersebut saat dioperasikan. “Kita hanya membayangkan saja benda-benda itu di sekolah. Sudah saatnya para siswa mempraktikan teori itu di sini. Walaupun hanya sekedar pengenalan benda-benda seperti alat pengukur cuaca, pendeteksi curah hujan dan sebagainya,” sebut Erni.
Sejumlah siswa kelas V dan VI ini juga akan mengunjungi bandara dan pelabuhan. Tujuannya, agar siswa memahami aktifitas kedua transportasi yang memiliki tekhnologi tinggi ini. “Kita akan mengajak siswa untuk melihat aktifitas kedua transportasi ini. Agar pengetahuan IPA Fisika dan since nya bisa balance,” katanya.
Usai mengunjungi tempat-tempat tersebut, para siswa akan diberi tugas hasil kunjungan. Selain itu, para siswa juga akan dilatih untuk kreativ membuat benda-benda tersebut. “Pada laporan itu itu, siswa akan menggambarkan peranan masing-masing tempat-tempat yang dikunjungi,” pungkasnya. (Sk.Opk)

0 komentar:

Posting Komentar